Ciri Dan Gejala Penyakit kanker serviks

Ciri Dan Gejala Penyakit kanker serviks

Ciri Dan Gejala Penyakit kanker serviks

Ciri Dan Gejala Penyakit kanker serviks

Kanker serviks merupakan suatu penyakit yang perkembangannya memerlukan waktu selama beberapa tahun lamanya. Meskipun penyakit ini dapat muncul tanpa disertai gejala, namun kanker serviks masih bisa cegah dengan melakukan screening dan deteksi sel-sel yang memungkinkan tubuh merubahnya menjadi sebuah kanker.

Serviks atau mulut rahim merupakan bagian bawah rahim, yang bertugas untuk melumasi vagina dan membantu tubuh untuk mendorong sperma masuk kedalam tuba falopi. Selama kehamilan terjadi, serviks ini akan tertutup rapat dan sangat membantu dalam melindungi bayi yang sedang berkembang didalam rahim. Perlu diketahui, setiap organ yang ada didalam tubuh umumnya memiliki waktu atau batas yang ditetapkan untuk membelah dan menghasilkan beberapa sel baru, yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun terkadang proses ini terganggu akibat sel yang membelah terlalu cepat, sehingga menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal seperti kanker.  Selain itu, sel yang abnormal ini juga dapat pecah dan melakukan perjalanan melalui sistem limfatik atau peredarah darah. Ciri Dan Gejala Penyakit kanker serviks

Kanker serviks adalah suatu penyakit yang disebabkan infeksi virus papiloma atau HPV. Virus ini dapat menyebar dengan meduah melalui hubungan sexs dan sangat memperngaruhi 80% wanita yang aktif dalam kegiatan hubungan intim. Studi juga telah menyatakan bahwa infeksi virus HPV dapat meningkatkan seseorang untuk memiliki kerusakan pada leher rahim dan dapat menyebabkan kanker serviks. Para ahli juga mengatakan bahwa setidaknya ada 100 jenis infeksi yang ditimbulkan oleh infeksi virus HPV dan 40 diantaranya mengembangkan kanker serviks. Selain itu, penderitanya juga dapat mengalami kulit kelamin dan dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan butuk seperti :

  1. Aktivitas seksual. Penyakit terbukti jarang ditemui pada mereka yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Namun kanker ini sering dijumpai pada mereka yang aktif secara seksual dan memiliki resiko yang lebih tinggi pada wanita yang pernah melakukan hubungan intim saat usia masih remaja
  2. Merokok. Kebiasaan buruk merokok dapat meningkatkan seorang wanita untuk memiliki penyakit kanker serviks

Berikut ini adalah beberapa ciri dan gejala khas yang sering ditemukan pada penderita kanker serviks


Ketika kanker serviks terbentuk, banyak penderita yang tidak merasakan keanehan atau gejala apapun. Namun ketika sel kanker tumbuh semakin membesar, penderitanya dapat mengalami beberapa tanda dan gejala umum seperti :

  1. Keputihan yang tidak normal
  2. Nyeri di daerah panggul
  3. Merasakan kelelahan yang hebat
  4. Pembengkakan didaerah kaki dan terasa menyakitkan
  5. Nyeri punggung bawah
  6. Perdarahan vagina saat dan setelah menstruasi
  7. Sakit ketika berhubungan intim dan masih banyak lagi

Selain ditentukan berdasarkan ciri dan gejala dari penyakit kanker serviks, kondisi ini hanya bisa dipastikan setelah anda melakukan beberapa tes yang kesehatan yang meliputi :


  • Pemeriksaan panggul
  • Kolposkopi. Ini merupakan suatu prosedur yang dilakukan oleh dokter spesialis, yang memeriksa mulut rahim dengan menggunakan alat dan mengambil sampel untuk diuji dilabolatorium
  • Biopsi

Untuk pengobatannya sendiri sangat bergantung pada tingkat keparahan penyakit yang seorang pasie derita. Jika pasien sudah berada didalam stadium 2, pasien mungkin akan memerlukan sebuah operasi, dengan mengapuskan beberapa jaringan yang tumbuh tidak normal. Ketika dokter mendapati penyakit ini bersarang ditubuh anda, ia mungkin akan menawarkan beberapa jenis bantuan untuk mengatasi penyakit sampai sembuh total.

Ciri Dan Gejala Penyakit kanker serviks

Tulisan ini dipublikasikan di gejala kanker. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *