Gejala Dan Pencegahan Kanker Hati

Gejala Dan Pencegahan Kanker Hati

Gejala Dan Pencegahan Kanker Hati

Gejala Dan Pencegahan Kanker Hati

Hati merupakan organ terbesar yang berada didalam tubuh manusia. Ia memainkan peran yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup kita, serta bekerja untuk menyimpan banyak vitamin dan nutrisi yang nantinya akan dibutuhkan tubuh untuk memproduksi berbagai zat penting. Hal ini meliputi protein yang digunakan untuk pembekuan darah dan menciptakan cairan empedu untuk proses pencernaan. Lebih hebatntya lagi, hati berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan menyaring racun yang terkumpul dalam darah.

Sebuah kanker dapat terjadi di dalam hati dan menempatkan penderitanya pada kondisi gawat darurat. Statistik dari sebuah pusat kesehatan juga telah menyebutkan bahwa setidaknya ada 2000 orang lebih di Indonesia, yang setiap tahunnya terdiagnosis menderita penyakit kanker hati. Kanker hati sendiri merupakan penyakit yang cukup sulit untuk terdeteksi sedari dini dan berkembang setelah gejala yang datang semakin parah. Adapun gejala yang patut diwaspadai oleh semua orang terhadap perkembangan kanker hati meliputi :

Penumpukan cairan disekitar hati dan usus, Penyakit kuning, Demam, Kelelahan, Mual, Sakit perut. Kehilangan selera makan, Penurunan berat badan, Kebingungan, Nyeri punggung hingga kebelikat belakang, Teraba ada benjolan kerasa dibawah tulang rusuk, Urine berwarna gelap, Perdarahan organ dalam dll

Sampai saat ini, belum ada penyebab pasti yang menyebabkan kanker hati tumbuh dalam tubuh anda. Namun beberapa hal sudah teridentifikasi dan berpengaruh besar pada tubuh kita seperti :

  • Infeksi virus yang disebabkan penyakit hepatiti B dan C’
  • Mengembangkan siross hati (biasanya dialami oleh mereka yang sering konsumsi alkohol selama bertahun-tahun)
  • Diabetes mellitus
  • Tekena paparan racun
  • Hemochromatosis (suatu gangguan dimana tubuh terlalu banyak menyerap zat besi)
  • Infeksi hati berulang
  • Sindrom metabolik (memiliki penyakit hipertensi, kolesterol tinggi, dll)
  • Terlalu banyak merokok

Berbagai cara dapat anda lakukan untuk menghindari penyakit kanker hati yang satu ini. Dan berikut adalah rinciannya :
Berhenti merokok
Olahraga secara teratur
Mengubah kebiasaan makan
Menghindari hal-hal yang diketahui dapat menyebabkan kanker
Konsumsi supelemen atau obat yang memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kanker

Perlu diingat! Kanker hati merupakan ancaman serius dan masih bisa ditangani dengan melakukan berbagai kegiatan-kegiatan postif dan tentunya menyehatkan. Sekian informasi yang dapat kami sampai kan semoga bermanfaat^^

 

Tulisan ini dipublikasikan di gejala kanker. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *