Gejala Dan Tahapan Penyakit Kanker Payudara

Gejala Dan Tahapan Penyakit Kanker Payudara

Gejala Dan Tahapan Penyakit Kanker Payudara

Gejala Dan Tahapan Penyakit Kanker Payudara

Payudara seorang wanita terdiri dari beberapa bagian yakni kelenjar dan saluran susu. Mereka dikelilingi oleh jaringan lemak dan beberapa jaringan ikat. Sebuah pertumbuhan yang tidak normal bisa saja terjadi dan memicu datangnya penyakit kanker. Seperti yang telah kita ketahui, kanker payudara merupakan jenis kanker paling umum yang diderita oleh wanita dan dapat menyebabkan kematian. Penyebab dari penyakit ini sangat sulit untuk dipahami, karena para ahli medis sendiri banyak yang tidak bisa memprediksi apakah seorang wanita dapat mengembangkan penyakit kanker atau tidak.

Namun sebuah studi mengatakan bahwa kanker ini dapat berkembang seiring pertambahan usia dan umum diderita oleh wanita yang berusia 50 tahun keatas. Ciri atau tanda paling umum yang bisa dilihat dengan oleh orang lain ketika anda memiliki kanker payudara ialah dengan perubahan ukuran payudara, yang menjadi lebih besar dan jauh dari kata normal. Sebelum hal ini dikembangkan, penderitanya pasti merasakan ada yang aneh alias merasakan suatu benjolan yang tampak menyakitkan. Ketika benjolan semakin membesar, maka ukuran payudara pun dapat berubah serta bisa menyebabkan pembengkakan didaerah ketiak dan kemerahan dibagian payudara. Gejala awal dari penyakit ini mungkin tidak dapat terlihat dengan jelas, namun tanda-tanda dan gejala lain yang diderita oleh seorang pasien penderita kanker payudara meliputi :

  • Nyeri pada tulang
  • Berat di perut
  • Terasa sesak napas
  • Payudara terasa tebal
  • Keluar cairan dan perubahan pada puting
  • Kerutan pada kulit payudara

Selain itu, ternyata ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan seorang wanita mengidap penyakit kanker payudara. Diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Faktor genetik
  2. Wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara atau ovarium berada pada resiko yang lebih tinggi
  3. Usia kehamilan
  4. Kanker payudara dapat menjadi lebih mungkin pada mereka yang memiliki anak pertama setelah usia 30 tahun
  5. Usia ketika pertama mendapatkan menstruasi
  6. Haid yang terjadi dibawah usia 12 tahun dapat mengembangkan seorang wanita untuk memiliki kanker payudara
  7. Memasuki menopause lebih lama atau usia 55 tahun keatas, dapat meningkatkan resiko penyakit kanker pada payudara
  8. Memiliki jaringan payudara yang padat
  9. Pernah melakukan pengobatan radiasi yang mengarah kedada
  10. Sering merokok dan konsumsi banyak alkohol
  11. Melakukan penyuntikan hormon HRT; estrogen dan progesteron
  12. Obesitas

Oleh sebab itu, jika anda merasakan ada sesuatu benjolan atau apapun yang mencurigakan dengan payudara anda, segeralah untuk memeriksakan diri kedokter untuk melihat apakah ada hal tidak beres ataukah hanya perasaan saja. Mendeteksi penyakit kanker sedari dini sangatlah penting. Hal ini dapat meminimalkan kemungkinan bahwa kanker telah menyebar dan bisa meningkatkan peluang anda agar bisa terselamatkan dari bahaya penyakit kanker.

Tulisan ini dipublikasikan di gejala kanker. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *